Get Lost in Sabang

Gambar
Berpetualang di Titik Nol KM Indonesia LIBURAN. Apa sih yang ada dibenak kalian kalau mendengar kata liburan? Pasti menyenangkan kan? tapi nyatanya gak semua liburan itu menyenangkan loh apalagi kalau kelamaan, liburan yang gue kira cuman 3 minggu ternyata sebulanan ini, awalnya gue habisin dengan jalan-jalan bareng temen gue ke bogor tapi itu juga cuman sehari dan sekali seminggu. Minggu pertama dihabiskan dengan wisata kuliner, waktu itu gue lagi kepengen banget makan ayam doyong gara-gara nonton jwestbros di youtube, akhirnya kesampean namun kurang puas karena, warung ayam doyong yang dikunjungi gue berbeda sama yang jwestbros kunjungi, soalnya ayamnya beda gitu terus gue dan temen gue memutuskan untuk lanjut ke surken beli martabak dewa yang ada di jwestbros dalam episode sama. Setelah mencoba martabaknya ternyata worth it lah perjuangan ngantrinya sampai hampir sejaman kurang dan harganya yang cukup mahal sih menurut gue yaitu 45 ribu. Minggu kedua. kali ini gue dan teman-t

MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR

MAKALAH
ILMU BUDAYA DASAR






CINTA, KASIH, DAN SAYANG 


NAMA                 : MUHAMMAD FICKI
NPM                    : 54416852
KELAS                : 1IA16



Pendahuluan

          Cinta. Hidup tanpa cinta bagaikan sebuah taman yang tak berbunga, hidup tanpa cinta bagaikan sebuah lembaran hitam putih, hidup tanpa cinta tiada indah nan berwarna, karena cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, kasih sayang dan belas kasih.
            Kasih. Hidup tanpa kasih bagai pohon tak berbuah, hidup tanpa kasih bagai seorang pemimpin Nazi, hidup tanpa kasih tiada berguna bagi orang lain yang mengharap acuh, karena kasih bukti nyata murah hati.
            Sayang. Hidup tanpa sayang bagai pemilik rumah yang sudah usang, hidup tanpa sayang bagai orang yang hanya lapar mata, hidup tanpa sayang bagai rasa ingin memiliki tapi apabila sudah didapat malah tidak dipertahankan, karena sayang bukti ketulusan hati dan tingkat lanjut cinta.
            Dalam kehidupan, mencintai, mengasihi, dan menyayangi bukan hanya kepada manusia, tetapi juga ditujukan kepada yang lain seperti, kepada Agama, alam, tumbuhan, binatang, dan lain-lain.
            Karena cinta, kasih, dan sayang merupakan bentuk lahir dan batin seorang yang mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan-Nya.

Puncak sayang adalah kedaimaian
Puncak cinta adalah kepuasan
Puncak kasih adalah kebahagiaan

Sayang diibaratkan sebuah kebutuhan
Cinta diibaratkan sebuah keinginan
Kasih diibaratkan sebuah kebaikan


Pembahasan

            Pengertian
            Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.
            Kasih adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Kasih juga bisa dikatakan hubungan keterkaitan antara manusia tersebut dengan sesuatu. Dan kasih bisa bermakna luas, bukan hanya antara manusia dengan manusia, tetapi bisa juga antara Tuhan dengan manusia. Dan dengan adanya rasa kasih tersebut membuat manusia mempunyai tujuan hidup yang akan diperjuangkan.
             Rasa sayang merupakan tahapan lanjutan dari perasaan suka. Rasa sayang sendiri bisa didefinisikan seperti sebuah perasaan ingin mempertahankan apa yang sudah di dapat. Contohnya mungkin bisa seperti benda kesayangan anda yang selalu ingin anda pertahankan dan anda rawat. Bukan hanya benda, rasa sayang tentunya bisa juga timbul pada seseorang yang anda sayangi seperti orang tua, pacar atau pasangan resmi anda (suami/istri).
            Cinta hanyalah tentang rasa suka, keinginan untuk menyukai dan disukai. Sedangkan kasih dan sayang adalah tentang kepedulian dan toleransi.
Sehingga, cinta itu cenderung egois, sedangkan kasih dan sayang condong pada altruis (mengalah)
Cinta itu memberi dan mengharap kembali. Sedangkan kasih dan sayang adalah memberi tiada mengharap imbalan.
“Aku mencintaimu” = ada kembalian yang ia harapkan. Pengakuan, kepuasan, dan kemenangan bagi si pencinta.
Sementara, “Aku menyayangimu” atau “Aku mengasihmu” = si pengasih dan penyayang tak mengharap apapun bagi dirinya. Allah, rasul, orang tua, dan pemimpin yg adil.
Memberi, memberi, dan menerima. Itu bukan cinta, itulah kasih sayang.
Memberi, meminta, dan menerima. Itulah cinta.
Karena kasih dan sayang lebih indah dari cinta, tidak buta, tidak meminta, tidak pula dipinta.
Cinta itu api. Sedangkan kasih dan sayang adalah air, udara, dan tanah. Maka, cinta itu panas, mendidihkan air, membakar udara, dan menghancurkan tanah. Sedangkan kasih dan sayang memadamkan api. Sejuk, segar, dan tenang.
Dengan cinta, manusia, binatang, dan jin akan terselubung panas dan mendidih (nafsu). Sedangkan dengan kasih sayang, manusia, binatang, dan jin akan senantiasa terselimuti kedamaian, kesegaran, dan keindahan dalam hidup.

            Cara menunjukkannya
            Cara menunjukkan cinta bukan hanya tentang kata “I love you” tapi harus timbul dari hati, dan sikap. Contohnya:
·        Saling Percaya, dengan saling percaya dapat dipastikan hubungan tersebut akan selalu harmonis
·        Saling Mengerti, dengan saling mengerti hubungan akan tetap terjaga dan sadar mana yang benar atau yang salah dengan sendirinya
·        Saling Terbuka, dengan saling terbuka hubungan akan semakin erat dengan melengkapi dan menerima kekurangan masing-masing
Cara menunjukkan kasih juga bukan sekedar kata tapi melalui perbuatan nyata. Contohnya:
·        Tulus, memberikan apa yang kita ingin beri dengan sungguh-sungguh tanpa mengharap balas kasih dari orang tersebut
·        Peduli, sebagai makhluk social sudah sewajarnya manusia untuk membantu makluk lainnya, dan harus peka(tidak cuek), bersimpati, berempati dengan situasi dan kondisi pada hubungan dengan sesorang maupun pada lingkungan sekitar
·        Syukur, dengan rasa syukur manusia tidak akan takut hartanya berkurang tetapi malah bertambah dengan berpikiran bahwa apa yang telah ia tanam adalah apa yang akan ia tuai, sama halnya dengan apa yang telah ia bagikan pada orang lain, akan dikembalikan lebih oleh Tuhan-Nya
Cara menunjukkan sayang, bukan sekedar kata sayang tetapi sebuah komitmen yang harus dibangun dengan sungguh-sungguh. Contohnya:
·        Komitmen, alasan banyaknya pasangan tidak dapat putus, karena adanya komitmen seperti, komitmen menikah, sebelum mengikat pada komitmen, manusia itu sendiri pasti sudah mematangkan apa yang akan ia jalani bersama kekasihnya dengan sebuah janji-janji suci, dimana ketika hubungan mereka sedang runtuh-runtuhnya, mereka akan mengingat tentang komitmen mereka itu
·        Bertahan, bertahan disini maksudnya adalah untuk selalu memperjuangkan hubungan yang sudah mereka buat dan berusaha untuk menjauhi diri dari hal-hal yang dapat merusak hubungan
·        Selalu Ada, dengan selalu berada disaat ia lemah ataupun dalam perasaan dan situasi yang melemahkannya, kekasihnya harus bisa menyemangati, menghibur dan berusaha membuatnya tidak bersedih

Kesimpulan

            Cinta, kasih dan sayang merupakan paket lengkap yang tidak dapat terbagi, apabila ada yang kurang diantaranya tidak akan mendapat apa yang kita ingini. Karena cinta, kasih dan sayang bentuk lahir batin untuk menjalani hidup di dunia ini. Karena cinta, kasih dan sayang memberi kepuasan, kedamaian, dan kebahagiaan hati.



Daftar Pustaka

·        http://kbbi.web.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Get Lost in Sabang

Pengantar Komputasi Modern: Komputer Kuantum

Penerapan Komputer Kuantum di Berbagai Bidang