Get Lost in Sabang

Berpetualang di Titik Nol KM Indonesia

LIBURAN. Apa sih yang ada dibenak kalian kalau mendengar kata liburan? Pasti menyenangkan kan? tapi nyatanya gak semua liburan itu menyenangkan loh apalagi kalau kelamaan, liburan yang gue kira cuman 3 minggu ternyata sebulanan ini, awalnya gue habisin dengan jalan-jalan bareng temen gue ke bogor tapi itu juga cuman sehari dan sekali seminggu. Minggu pertama dihabiskan dengan wisata kuliner, waktu itu gue lagi kepengen banget makan ayam doyong gara-gara nonton jwestbros di youtube, akhirnya kesampean namun kurang puas karena, warung ayam doyong yang dikunjungi gue berbeda sama yang jwestbros kunjungi, soalnya ayamnya beda gitu terus gue dan temen gue memutuskan untuk lanjut ke surken beli martabak dewa yang ada di jwestbros dalam episode sama. Setelah mencoba martabaknya ternyata worth it lah perjuangan ngantrinya sampai hampir sejaman kurang dan harganya yang cukup mahal sih menurut gue yaitu 45 ribu.
Minggu kedua. kali ini gue dan teman-teman gue menghabiskan sehari di hari selasa untuk wisata air dengan berkunjung ke negeri dongeng yaitu the jungle wkwk. Sumpah ini seru, tapi sebelum ke the jungle, gue dan teman-teman gue mampir lagi ke ayam doyong buat nyobain ayam doyong yang dimakan sama jwestbros yang alhamdulillah buka, tepat jam 11 lebih 10 menit hidangan tiba ternyata rasanya emang beda sama yang minggu lalu kita makan, disini ayam gorengnya bener-bener enak kalau gue rate ya 8/10, terus kita kayak dikasih harga murah gitu sama omahnya, kita makan 3 ayam, 4 nasi, 3 es teh, 1 teh tawar anget cuman 45 ribu. Jam 12 lewat kita sampai di the jungle, abis itu nonton film 4d dulu soalnya sayang udah dapet tiketnya kalau ga ditonton, setelah nungguin sampai jam 1 akhirnya dipersilahkan masuk dan ternyata filmnya sangat tidak penting :) apalagi buat gue dan temen gue yang udah kuliah coy wkwk. Balik lagi ke kolam waterpark kita langsung ganti pakaian terus mandi, oh iya di dalem the jungle lu bisa nitip barang-barang gratis ke tempat-tempat makan soalnya kalau sewa loker cukup mahal yaitu 25 ribu terus lokernya kecil dan cuman bisa dibuka sekali. Setelah selesai main air kita keluar dan cari makan, waktu pun udah menunjukkan angka setengah enam, kita berhenti ditempat makan yang direkomendasi temen gue nama warung makannya bonex69, asli ini makanannya pecah parah, apalagi fuyunghainya kacau. Pokoknya hari selasa ini selasa yang seru hehe.
Minggu ketiga, gue udah mulai bosen dan muak banget sama liburan wkwk, disatu sisi gue gak dapet uang soalnya wkwk, terus gue bilang ke nyokap pengen liburan kemana kek gitu bandung atau kemana gitu, akhirnya nyokap bilang ke bokap dan bokap mengiyakan, terus dia ngajak ke bandung cuman gue males wkwk. Entah hari apa gue nonton youtube jalan2men yang episode sabang, terus gue cerita ke nyokap gue kan kayaknya seru gitu ke sana wkwk, terus nyokap cerita ke bokap, dan akhirnya bokap setuju wkwk tanpa pikir lama bokap beli tiket ke banda aceh untuk tanggal 4 september dan selang sehari baru bokap beli tiket pulang ke jakartanya untuk tanggal 10 september soalnya gue bilang ke bokap-nyokap masuk tanggal 11(ternyata 18 njir). Hari yang ditunggu pun tiba, gue dan bokap-nyokap berangkat dari rumah jam 3 pagi menuju bandara soalnya kita ngambil tiket yang jam 4.45 pagi, karena tujuan banda aceh yang direct gak ada, jadi harus transit di kuala namu baru menuju bandara sultan iskandar muda dan mendarat pukul 9 pagi, dan pas banget kita sampai tenyata lagi ada hari pelanggan nasional jadi kayak ada semacam penyambutan pakai tari-tarian gitu, terus kita dijemput dan nginep dirumah sepupu, soalnya ke sabangnya hari selasa pagi.
Senin di Aceh. Setelah dijemput dan nitip barang dirumah sepupu terus dipinjamkan mobil soalnya sepupu ini gak bisa ngajak jalan-jalan karena kan hari senin, dia harus kerja, yaudah bokap gue bawa gue dan nyokap keliling di aceh, satu hal yang sangat menakutkan disini adalah kehabisan bensin, soalnya jarang banget pom bensin disini. Berjam-jam cari pom bensin, kita memutuskan untuk ke masjid raya baiturrahman aceh dulu untuk sholat dzuhur, abis sholat baru menuju ulee lheue karena cuman di daerah sana pom bensin yang masih tersedia bensinnya, tapi sebelum kesana kita ke museum tsunami dulu, karena hari pelanggan nasional, tiket masuknya digratiskan dan gue gatau kenapa pada hari itu berasa hari libur soalnya pengunjungnya ramai, museumnya keren cuman nyokap gue keburu males gara-gara ramai, yaudah cuman sebentar disitu, terus gue rada-rada ngambek wkwk. Setelah dari museum lanjut ke pom bensin lagi, abis dari pom bensin kita makan di pertigaan menuju ulee lheue namanya dermaga apa gitu lupa disitu enak banget udang goreng telur asinnya gue sangat rekomend. Abis dari situ lanjut ke museum kapal yang gede itu, padahal gue udah bilang gak seru tapi nyokap kekeuh yaudah kesana, pokoknya kita balik kerumah sepupu pas malem udah selesai makan malem.
Selasa di Sabang. Pagi pun tiba, gue sangat bersemangat untuk berangkat seusai subuh, kita diantar menuju pelabuhan ulee lheue jam setengah delapan lewat dan sampai jam delapan sedangkan kapal yang akan kita gunakan pukul setengah sembilan, jadi nggak nunggu terlalu lama. Kpaal yang kita gunakan adalah kapal ekspress, yang cukup terjangkau sekitar 85 ribu terus waktu yang ditempuh cuman 45 menit sedangkan kalau naik kapal feri memakan waktu 2 jam. Masuklah kita kedalam kapal ekspress, yang gue sayangkan adalah masyarakat sana yang nggak disiplin, jadi gini ceritanya, kan naik kapal itu ada nomor seatnya masing-masing sesuai dengan tiket gitu ya, terus ternyata pas kita masuk nomor seat kita udah ditempatin sama orang lain, yaudah kita komplain dong sama mereka dan minta mereka pindah, tapi mereka nggak mau dan bilang kalau disini mah duduknya bebas bukan ngikutin tiket, gitu katanya, akhirnya kita ngalah dan bokap juga sempet komplain ke pihak kapal dan mereka juga bilang duduknya bebas. Yaudahlah, akhirnya kita sampai di SAAAABAAAANG di pelabuhan Balohan. Setelah sampai di sabang kita langsung nyari kendaraan umum buat nganterin ke hotel di iboih, dapetnya mobil angkut umum gitu cuman kita dikenain 50 ribu per orang padahal gue pengennya kita nyewa motor aja disana(tapi keputusan untuk gak nyewa motor ternyata tepat). Akhirnya kita sampai di Fie Resort wkwk ternyata berada di hutan wkwk terimakasih traveloka, mana mesen 2 hari langsung disitu wkwk, sebenernya kamarnya keren soalnya langsung menghadap laut tapi kurangnya adalah jauh dari keramaian iboih(400 m dari hotel) dan dia berada dibukit terus gak ada tv disemua jenis kamarnya(lupa liat fasilitas tv pas mesen :( ). Yaudahlah gapapa wlaaupun cuman ada ac dan dispenser. Tapi kerennya kamar ini pas banget di bibir laut jadi dari balkon kamar bisa liat batu-batu dan ikan dilaut, terus dibalkon ada bean bag sama hammock buat nikmatin sore atau pagi yang indah di sabang. Seusai kita beres-beres dikamar dan seusai sholat dzuhur, kita langsung menuju pusat keramaian di iboih, sekitar 5-10 menit berjalan kaki dari hotel melalui jalan setapak ditengah hutan wkwk. Terus kita disana makan kayak warteg gitu, abis makan langsung SNORKELING di rubiah, jadi untuk snorkeling total biaya yang diperlukan adalah 100 ribu untuk sewa perahu dan alat snorkelingnya 45 ribu. Yang mau liat keindahan ikan-ikannya pas snorkeling tonton di youtube gue pas meu menit akhir nih disini
Hari Kedua di Sabang. Ini adalah hari terakhir penuh dikota Sabang jadi kita berkeliling menuju semua kota sabang mulai dari TITIK NOL KILOMETER INDONESIA, GOA SARANG(gagal menuju spot soalnya jalurnya bebatuan, nyokap gak bisa kita memutuskan balik, buat yang mau kesini dan daripada dimandiin air laut kayak gua dan kamera gue mending sewa perahu menuju spotnya), SUMUR TIGA, dan BENTENG BUNKER JEPANG. Pokoknya ini adalah rabu yang cukup seru dan melelahkan.Dengan berakhirnya hari berakhir pula jalan-jalan di sabang, soalnya besok pagi kita harus balik ke banda aceh dan melanjutkan perjalanan ke kampung halaman di Kuala Simpang jadi sisa hari dihabiskan di kampung bokap dan nyokap. Yaudah sekian aja, ohiya jangan lupa kalau ke sabang nih: Snorkeling, makan pisang goreng(pisang gorengnya beda sumpah enak parah, yang gue makan pisang goreng di pulau rubiah dan titik nol km), makan rujak aceh/sabang, makan sate gurita, jangan lupa beli oleh-oleh bakpia aguan, enak lembut gitu kuenya. Dan kalau ke banda aceh jangan lupa nyobain sate matang, enak parah. Sekian thankyou, sebenernya banyak cerita di sabang cuman hari ini gak sempet cerita banyak, jadi kasih foto-foto aja nih. Sekali lagi maksih udah baca hehe.

Video Per Jalan An di Sabang

Video Snorkeling

Foto-foto

NOTE: Mending sewa perahu yang mau ke Goa Sarang, soalnya jalannya bebatuan, dan bisa-bisa dimandiin air laut kayak gue.