PROPOSAL
RENCANA BISNIS
GAMESPOT
LAYANAN GAME BERBASIS CLOUD GAMING
Disusun
oleh :
Aristo
Aldero (51416089 )
Fajar
Satriatna (52416566)
Herdi
Susanto (53416278)
Muhammad
Ficki (54416852)
Trie
Fauzan Febriansyah (57416443)
Daftar isi
1. Perusahaan
1.1 Kepemilikan Perusahaan
1.2
Sejarah Perusahaan
1.3
Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
2. Produk dan
Jasa
2.1 Deskripsi Barang dan Jasa
a. Layanan Cloud Gaming
b. Penjualan Perangkat Pendukung
Game
2.2
Karakteristik Perbandingan kompetitif Barang dan Jasa
2.3
Layanan Konsumen / Tindak Lanjut Layanan
3. Analisis
Pasar
3.1 Analisi Industri
3.2
Pasar Sasaran
3.3
Kunci Untuk Sukses
4. Strategi
Bisnis dan Implementasi
4.1 Periklanan
4.2
Strategi Pemasaran
4.3
Rencana Penjualan
4.4
Aliansi Strategi
5. Manajemen
5.1 Manajemen Server
5.2
Menajemen Penjualan Perangkat Game
6. Organisasi
6.1 Struktur Organisasi
6.2
Tim Manajemen
7. Analisis
Keuangan
7.1 Kapitalisasi dan Biaya
Start-up
7.2
Laporan Keuangan
7.3
Estimasi Biaya
7.4
Rencana Keuangan dan Proyeksi Aliran Kas
1. Perusahaan
Perusahaan yang akan diajukan dalam
proposal rencana bisnis ini bernama GameSpot yang dimana menawarkan layanan
yang berfokus dibidang cloud gaming. Perusahaan ini menawarkan jasa penyediaan
permainan game berlisensi berbasis desktop yang dapat dinikmati secara langsung
tanpa proses instalasi. Penjelasan lengkap dari perusahaan tersebut terletak
pada bagian deskripsi produk dan jasa. Saluran distribusi utama layanan kami
dapat diakses melalui website maupun aplikasi desktop yang dapat diunduh oleh
pengguna secara gratis. Target pasar dari perusahaan ini adalah pengguna umum.
1.1 KEPEMILIKAN PERUSAHAAN
Perusahaan ini berdiri di atas
perusahaan berjenis Perseroan Terbatas (PT) bernama PT. Karya Anak Bangsa yang
dimana seluruh kepemilikan perusahaan ini terbagi oleh beberapa pemegang saham
utama yang terlibat dalam pembangunan anggaran perusahaan tersebut. Perusahaan
yang sedang dirintis ini sudah memiliki anggaran dasar perusahaan dan dalam
waktu dekat ini akan melakukan pengurusan administrasi yang terkait dengan
legalnya perusahaan tersebut.
1.2 SEJARAH PERUSAHAAN
Perusahaan cloud gaming tersebut
didirikan pada tahun 2015 yang bersamaan dengan melesatnya teknologi cloud dan
merebaknya penjualan game secara online. Namun, kebutuhan spesifikasi dan
perangkat yang dimiliki oleh pengguna menjadi halangan bagi mereka yang ingin
bermain game namun dengan resource yang terbatas. Atas dasar tersebut
dalam memenuhi kebutuhan pasar dan berambisi untuk menjadi yang pertama dalam
mendirikan layanan tersebut, perusahaan yang didirikan oleh kelima orang yang
terdiri dari Aristo Aldero, Fajar Satriatna, Herdi Susanto, Muhammad Ficki, dan
Trie Fauzan Febriansyah saling bekerja sama dalam menjalankan masing-masing
tugas dan menggerakkan roda perusahaan. Kami berlima yang sebelumnya merupakan
seorang engineer di perusahaan
game ternama yaitu Steam memiliki kesadaran bahwa di Indonesia belum ada
layanan cloud game padahal pengguna game secara aktif di negara tersebut
terbilang tinggi. Adapun tujuan dari perusahaan tersebut adalah kami ingin
berkomitmen dalam membangun sebuah layanan gaming on demand yang dapat
dinikmati masyarakat tanpa harus membeli game tersebut dan perangkat tambahan
pribadi sehingga dapat menekan biaya pribadi pelanggan namun dapat menggunakan
layanan tersebut dengan kualitas yang terbaik. Tidak hanya bergerak dibidang
cloud gaming, perusahaan kami juga menyediakan layanan penjualan perangkat game
yang dapat digunakan dalam meningkatkan pengalaman pengguna dalam bermaing game.
Kantor kami dididirikan pertama kami di sebuah ruko di daerah Jakarta Pusat.
1.3 LOKASI DAN FASILITAS PERUSAHAAN
Lokasi perusahaan kami berada di kawasan
Ciputra Tower Blok D1 2nd Floor. Jl. Radio Dalam,
Jakarta Selatan. No.Telepon : [021]6316047, email : hello@gamespot.co.id,
website : www.gamespot.co.id. Perusahaan ini berdiri di
kawasan strategis dimana memiliki akses yang mudah dijangkau karna berdiri di
pusat area bisnis Jakarta. Harga sewa kantor kami terbilang cukup murah jika
dibandingkan dengan kawasan sekitar. Kantor kami memiliki akses yang aman yang
tidak dapat dijangkau oleh orang yang tidak bersangkutan sehingga kantor kami
aman dan nyaman untuk pekerja kami.
Fasilitas
:
Sebagai perusahaan yang terbilang baru
ini, kami berusaha dalam menjadi perusahaan yang pertama dalam bidang ini dan
tumbuh secara eksponensial baik kinerja perusahaan maupun keuntungan
perusahaan. Kami berusaha untuk dapat berdiri meskipun tantangan dari
perusahaan sejenis kedepannya berdampak pada dominasi pengguna kami. Hal yang
dapat kami lakukan adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan
menunjang kinerja serta potensi pekerja. Fasilitas yang dapat kami sediakan
untuk kantor ini adalah ruang kerja dan ruang rapat yang dapat menampung
puluhan orang dan sebuah ruang seminar yang dapat digunakan oleh pekerja untuk
mengadakan seminar internal dalam sesi sharing. Terdapat juga ruang
bersantai dengan sejumlah perangkat-perangkat hibungan seperti karaoke, game
lounge, dan billiard yang dapat digunakan oleh pekerja untuk mengisi waktu
luang agar produktifitas pekerja dapat meningkat. Tidak hanya itu, terdapat
pula ruang pantry dan mushola pada kantor tersebut.
2. PRODUK DAN JASA
Produk merupakan sebuah komoditas
penting yang dapat kami hadirkan kepada pengguna. Perusahaan kami bergerak
dibidang jasa penyediaan layanan game berbasis cloud yang dapat memenuhi
kebutuhan pengguna dalam meningkatkan pengalaman bermain. Adapun yang kami
tawarkan tidak hanya layanan cloud gaming namun juga penjualan perangkat gaming
untuk pengguna.
2.1 DESKRIPSI BARANG DAN JASA
a. Layanan Cloud Gaming
Perusahaan kami secara aktif melayani
sebuah layanan penyediaan game yang dapat digunakan oleh pengguna secara online
tanpa harus menginstall bahkan membeli permainan tersebut. Pengguna akan tetap
dapat menikmati permainan yang kami sediakan melalui server-server kami yang
saling terintegrasi dan pengguna hanya perlu menjalankan perangkat lunak buatan
kami maupun menjalankannya melaui browser secara mudah
b. Penjualan Perangkat Pendukung Game
Perusahaan kami juga menyediakan
penjualan perangkat pendukung untuk meningkatkan kualitas bermain seperti
keyboard, mouse, headphone, monitor, kursi gaming, dan laptop gaming. Perangkat
tersebut kami sediakan demi mendukung pengalaman pelanggan dalam menggunakan
layanan kami.
2.2 KARAKTERISTIK PERBANDINGAN KOMPETITIF BARANG DAN
JASA
Perusahaan kami terdiri dari orang-orang
yang kompeten dibidangnya yang telah terseleksi secara objektif berdasarkan
keahlian spesifik dari masing-masing pekerja kami. Pekerja yang kami miliki
memiliki pengalaman minimal 3 tahun dalam infrastruktur cloud dan software
engineering sehingga mereka dapat membangun layanan kami yang sudah berjalan
baik selama ini. Selain itu, layanan kami terdiri dari berbagai pilihan
paket-paket ekonomis berdasarkan kebutuhan pengguna sehingga masing-masing
paket terjangkau. Permainan yang kami sediakan lebih dari ratusan yang
merupakan lisensi resmi dari publisher permainan tersebut sehingga
terhindar dari bahaya pencurian data. Bagi pengguna pertama yang memakai
layanan kami akan mendapatkan layanan gratis untuk mengakses game premium
selama 3 bulan pertama.
2.3 LAYANAN KONSUMEN / TINDAK LANJUT LAYANAN
Untuk meningkatkan kualitas produk kami,
tentunya kami sangat menjaga layanan kami agar terhindar dari gangguan
pengaksesan layanan baik kerusakan server maupun jaringan yang terkait.
Perusahaan kami bekerja sama dengan beberapa data center lainnya secara khusus
untuk menyediakan server back up apabila terjadi gangguan dalam server-server
kami. Selain itu, perusahaan kami tentunya selalu berusaha untuk menyediakan
game-game terbaru agar pengguna dapat secara kontinu menggunakan layanan kami.
3.
Analisis Pasar
Berikut
ini adalah analisis pasar yang dilakukan oleh perusahan GameSpot:
3.1 ANALISIS INDUSTRI
Dengan semakin majunya teknologi
terutama di bidang game dan internet. Game hampir dapat dimainkan pada semua
perangkat. Portability merupakan suatu hal yang membuat sebuah game menjadi
lebih menarik karena dapat dimainkan dimana saja. Seiring dengan perkembangan
teknologi, game yang diproduksi tentunya akan lebih bagus dari segi grafik dan
performa. Untuk mendapatkan pengalaman bermain yang baik tentunya memerlukan
perangkat yang mahal. Hal ini tentunya menjadi masalah bagi sebagian besar
orang yang kurang mampu atau tidak ingin merakit PC mahal dan membeli konsol.
Hal tersebut dapat menjadi peluang bisnis bagi GameSpot dalam menyediakan
layanan cloud gaming agar semua orang dapat memainkan game yang diinginkannya
tanpa harus membeli peralatan atau perangkat yang harganya cenderung mahal.
3.2 PASAR SASARAN
Layanan ini tentunya diperuntukkan untuk
pengguna yang tidak ingin ribet dalam memainkan sebuah game karena mereka hanya
memerlukan koneksi internet yang bagus. Sampai sekarang sudah terdapat beberapa
perusahaan yang menawarkan jasa yang serupa. Akan tetapi GameSpot tidak akan
mundur karena kami yakin dengan kemampuan kami, GameSpot dapat bersaing dengan
perusahaan lainnya dan dapat menjadi yang terbaik.
3.3 KUNCI UNTUK SUKSES
1) Kualitas
dijamin yang terbaik.
Karyawan
GameSpot merupakan kumpulan orang yang memiliki latar belakang IT dan Cloud
Computing serta mengerti tentang game sehingga kami jamin pelanggan mendapat
pelayanan dan pengalaman bermain yang terbaik.
2) Selalu
update game library.
GameSpot
tentunya akan selalu memperbarui perpustakaan game yang disediakan dan kami
juga menerima saran dari pelanggan mengenai game yang belum ada pada layanan
kami.
3) Harga
yang terjangkau.
Kami
selalu memberikan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau agar pengguna
dapat menikmati layanan yang kami berikan.
4. STRATEGI BISNIS DAN IMPLEMENTASI
Strategi bisnis dan implementasi pada
perusahaan GameSpot meliputi dibawah ini:
4.1 PERIKLANAN
Media yang digunakan untuk mempromosikan
layanan penyedia game kami adalah melalui pemasangan iklan pada beberapa blog
berita teknologi dan game, dan juga memasang iklan pada beberapa media sosial,
serta kedepannya perusahaan ini berencana untuk menggaet para pegiat game untuk
dijadikan ambassador kami.
4.2 STRATEGI PEMASARAN
Strategi
pemasaran yang dilakukan:
a. Keterangan
Produk
Produk
pertama yang akan diberikan adalah layanan penyedia game berlisensi, yang mana
pelayanan menyediakan game berlisensi ini akan menampilkan banyak game yang
dapat dimainkan tanpa perlu diinstall dengan harga berlangganan yang
terjangkau. Teknisi yang menangani server kami merupakan teknisi yang
berlisensi, sehingga pengguna layanan kami tidak merasa ragu untuk berlangganan
dengan layanan kami.
Produk
kedua yang akan diberikan adalah penyediaan perangkat gaming, yang mana
pelayanan penyediaan perangkat gaming ini memastikan perangkat gaming yang kami
tawarkan merupakan perangkat gaming yang terbaik dengan harga dan garansi
terjamin.
b. Keunggulan
Produk dan Jasa
Layanan
penyedia game berlangganan kami menjanjikan bantuan 24/7 untuk mengatasi
kendala yang ditemukan oleh pengguna kami. Pembayaran pada layanan kami dapat
dilakukan dimana saja seperti pada beberapa minimarket, pulsa, serta pembayaran
digital yang bekerja sama dengan kami.
Layanan
penyedia perangkat gaming kami menjanjikan kemudahan dalam klaim garansi
perangkat gaming yang dibeli melalui kami.
c. Harga
Produk
Harga
untuk berlangganan layanan penyedia game kami berbeda-beda bergantung pada tiap game yang ditawarkan, namun kami
juga menawarkan biaya berlangganan sebesar Rp. 169.000,00- per bulan untuk dapat
berlangganan semua game yang ditawarkan pada layanan kami.
Harga
perangkat gaming yang kami sediakan relative lebih murah karena kami akan
melakukan kontrak penjualan sebagai distributor pertama dengan perusahaan
pembuat perangkat gaming.
d. Jalur
Penjualan
Layanan
penyedia game tanpa perlu install kami, menawarkan langganan melalui website
resmi kami, kemudian pengguna dapat memilih langganan game yang diinginkan,
kemudian melakukan pembayaran dan setelah itu akan dikirimkan software kami.
Untuk penjualan perangkat gaming, selain dapat dilakukan dengan memasarkan
melalui online terdapat juga toko fisik kami.
e. Promosi
Promosi
yang dilakukan melalui media social kami serta pemasangan iklan pada laman
berita teknologi dan game. Untuk event hari-hari besar akan dilakukan potongan
harga besar-besaran, serta mengadakan kompetisi e-sports.
f. Garansi
Setiap
penyewa layanan game maupun pembeli perangkat gaming melalui kami akan
mendapatkan bukti pembayaran serta garansi yang dapat diklaim melalui kami.
Garansi perangkat gaming mulai dari 3 minggu semenjak pembelian hingga 1 tahun
semenjak pembelian, sedangkan untuk game garansi yang diberikan adalah garansi
keaslian game.
4.3 RENCANA PENJUALAN
Produk yang kami tawarkan dapat dipesan
melalui online maupun offline untuk perangkat gaming, sedangkan
untuk game hanya dapat dilakukan secara online. Produk perangkat gaming
yang kami sediakan juga akan diperjualkan melalui beberapa e-commerce.
4.4 ALIANSI STRATEGI
Pada aliansi strategi yang dilakukan
perusahaan kami untuk menangani maraknya pembajakan game, serta meningkatkan
pengalaman bermain para pegiat game. Kami membutuhkan kerja sama dengan vendor
perangkat gaming serta developer game ternama. Dengan hal tersebut dapat
dikatakan bahwa aliansi strategis ini akan meminimalisir kerugian developer
game dan menguntungkan vendor perangkat gaming.
Terdapat beberapa tipe aliansi strategi yang
digunakan oleh perusahaan kami untuk dapat meningkatkan posisi perusahaan,
diantaranya join venture, yaitu perusahaan saling berbagi sumber daya dan
keahlian yang dimiliki untuk dikombinasikan agar mampu meningkatkan kemampuan
untuk bersaing yang baik. Selanjutnya equity strategic alliance,
mengkombinasikan seluruh sumber daya dan keahlian atau ketrampilan agar mampu
meningkatkan persaingan bisnis yang berkualitas. Nonequity strategic alliance,
terdapat dua atau lebih perusahaan memiliki hubungan atas suatu perjanjian
untuk menggunakan sebagian sumber daya dan keahlian atau ketrampilan yang khas
tetapi tidak berbagi terkait modal untuk mengembangkan keunggulan dalam
bersaing.
5. MANAJEMEN
Manajemen perusahaan terbagi menjadi 2
yaitu manajemen bagian server dan juga manajemen penjualan perangkat game.
5.1 Manajemen Server
Perusahaan ini menggunakan server yang
berjalan setiap hari, sehingga pengguna dapat memainkan gamenya setiap saat.
Server yang digunakan lebih dari satu, ini dimaksudkan agar tidak terjadi
penumpukan pengguna dalam satu server yang akan menyebabkan pelambatan pada
akses pengguna saat memainkan game. Jika ada server yang penuh maka akan secara
otomatis dipindahkan ke server yang masih bisa diakses tanpa adanya pelambatan.
Perusahaan menjamin server bekerja pada tingkat optimal dimana tidak kosong
juga tidak juga terlalu penuh. Dengan adanya manajemen server yang baik. Maka
pengguna akan merasakan pengalaman bermain game yang baik juga tanpa perlu
adanya lag.
5.2 Manajemen penjualan perangkat game
Untuk penjualan perangkat game perusahaan membuka
toko pada hari senin hingga sabtu dan tutup pada tanggal merah. Penjualan pada
hari senin hingga jumat dibuka mulai pukul 10.00 WIB – 20.00 WIB. Customer
dapat langsung datang ke alamat toko di Kawasan Ciputra Tower Blok D1 2nd
Floor. Jl. Radio Dalam, Jakarta Selatan.
Selain penjualan offline, penjualan juga dapat
dilakukan secara online dimana customer dapat membeli barang kapan saja. Untuk
penjualan online akan di proses sesuai jam kerja operasional penjualan offline.
Customer bisa langsung mengakses website www.gamespot.co.id untuk melakukan
pembelian barang secara online.
6.
Organisasi
PT Karya Anak Bangsa merupakan perusahaan keluarga yang
berbentuk perseroan terbatas, perusahaan cloud gaming ini terdiri dari karyawan
yang berjumlah 30-35. Pendiri bertindak sebagai Direktur dan wakil-wakil
direktur sesuai dengan divisinya. Selanjutnya, Direktur tersebut membawahi para
manajer. Berdasarkan kebijakan yang telah dibuat, jajaran manajer dan tenaga
kerja lainnya direkrut secara terbuka.
Perusahaan dibagi menjadi 4 divisi. Yaitu divisi
operasional, divisi teknologi, divisi pemasaran, dan divisi keuangan &
administrasi. Dimana masing-masing divisi dipimpin oleh seorang direktur.
6.1 Struktur Organisasi
6.2 Tim Manajemen
BOD
(Board of Directors)
Sekelompok orang yang dipilih atau ditunjuk untuk
mengawasi kegiatan suatu PT. Karya Anak Bangsa.
Tanggung jawab BOD meliputi:
●
Memerintah organisasi dengan menetapkan
kebijakan-kebijakan dan tujuan-tujuan luas dari perusahaan tersebut
●
Memilih, mengangkat, mendukung, dan menilai kinerja dewan
eksekutif
●
Memastikan keberadaan dan kecukupan sumber keuangan
●
Mengesahkan anggaran tahunan
●
Bertanggung jawab atas kinerja perusahaan kepada para
anggota pemegang saham
●
Menentukan gaji dan kompensasi mereka sendiri
CEO
(Chief Executive Officer) [Fajar Satriatna, lulusan Teknik
Informatika – Universitas Gunadarma]
Pemimpin startup dan bertindak sebagai perwakilan PT.
Karya Anak Bangsa.
Tanggung jawab CEO meliputi:
●
Merancang dan mengomunikasikan visi perusahaan
●
Memotivasi anggota tim
●
Merekrut anggota tim
●
Meramalkan tren pasar
●
Menguraikan strategi bisnis perusahaan
●
Membangun hubungan dengan investor
●
Mengatur pembiayaan dan anggaran
COO
(Chief Operating Officer) [Muhammad Ficki, lulusan Teknik
Informatika – Universitas Gunadarma]
Bertanggung jawab atas operasional internal perusahaan,
seperti operasional kantor, karyawan, hingga bisnis.
Tanggung jawab COO meliputi:
●
Mengukur efektivitas dan efisiensi proses operasional
baik secara internal maupun eksternal dan menemukan cara untuk meningkatkan
proses
●
Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi
pertumbuhan
●
Bertindak sebagai penghubung antara perusahaan dan klien
untuk jaminan kualitas
CTO
(Chief Technical Officer) [Aristo Aldero, lulusan Teknik
Informatika – Universitas Gunadarma]
Bertanggung jawab pada kualitas akhir, karena ia
mengelola tim engineer selama prosesnya. CTO juga penting untuk bertindak
sebagai ahli teknologi dan seorang pemimpin.
Tanggung jawab CTO meliputi:
●
Memastikan bahwa teknologi yang digunakan (untuk produk
dan servis) saat ini adalah yang paling tepat (secara teknis dan biaya).
●
Merencanakan perubahaan teknologi sehingga ke depannya
perusahaan tidak tertinggal gara-gara ketidakmapuan menguasai teknologi.
Termasuk di dalamnya memastikan ketersediaan SDM.
●
Bekerjasama dengan COO memastikan operasional perusahaan
(dari kacamata teknologi).
CMO
(Chief Marketing Officer) [Trie Fauzan Febriansyah, lulusan
Teknik Informatika – Universitas Gunadarma]
Bertanggung jawab mengembangkan strategi pemasaran
perusahaan. CMO meliputi kehumasan, riset pasar, dan pencitraan. CMO
bertanggung jawab menciptakan “wajah” perusahaan di depan pihak luar.
Tanggung jawab CMO meliputi:
●
Mengembangkan strategi pemasaran
●
Melaksanakan riset pasar
●
Pencitraan
●
Menciptakan kampanye kehumasan
WP
Penjualan (Wakil Presiden Penjualan) [Herdi Susanto, lulusan
Teknik Informatika – Universitas Gunadarma]
Orang yang memiliki peran penting untuk menghasilkan
keuntungan.
Tugas-tugas utama dari WP Penjualan adalah:
●
Menghasilkan keuntungan
●
Mengembangkan strategi pemasaran dengan CMO
●
Memahami kebutuhan konsumen dan mengembangkan nilai
tambah yang menarik
7.
Analisis Keuangan
7.1 Kapitalisasi dan
biaya Start-Up.
7.2 Laporan
Keuangan
Annual
Growth Rate: 51.42%
Cost
of Goods Sold: 51.42%
Average
Sales Transaction : Rp. 640.000.000,00
a. Ramalan
Pendapatan Tahun 2019
b. Ramalan
Pendapatan Tahun 2020
c. Ramalan
Pendapatan Tahun 2021
7.3 Estimasi Biaya
7.4 Rencana Keuangan dan Proyeksi Aliran Kas
Rencana
Keuangan
Berdasarkan
estimasi biaya yang telah dipaparkan di atas, perusahaan kami lebih mengutamakan
pengiklanan yakni 20% dari penjualan agar layanan kami ini lebih dikenal oleh
masyarakat sehingga menarik minat pelanggan untuk menggunakan layanan kami.
Proyeksi
Aliran Kas
Berdasarkan
prediksi pendapatan perusahaan kami, setiap tahunnya pendapatan kotornya adalah
Rp. 640.000.000,00.
Biaya keperluannya diperkirakan 55% dari total penjualan yaitu sebesar Rp.
352.000.000,00.
Jadi pendapatan bersih setiap tahunnya dapat diperkirakan senilai Rp. 288.000.000,00
per tahun atau Rp. 24.000.000,00 per bulan. Dapat
diperkirakan modal akan kembali dalam kurun waktu kurang lebih 11 bulan.
Tugas ini dibuat untuk memenuhi mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika PTA 2019/2020
Berikut adalah link untuk download softcopynya: https://drive.google.com/file/d/1zU2fV8OHT-7EWbM-Acjl-SYhrR6HIOEx/view?usp=sharing
Komentar
Posting Komentar