Get Lost in Sabang

Gambar
Berpetualang di Titik Nol KM Indonesia LIBURAN. Apa sih yang ada dibenak kalian kalau mendengar kata liburan? Pasti menyenangkan kan? tapi nyatanya gak semua liburan itu menyenangkan loh apalagi kalau kelamaan, liburan yang gue kira cuman 3 minggu ternyata sebulanan ini, awalnya gue habisin dengan jalan-jalan bareng temen gue ke bogor tapi itu juga cuman sehari dan sekali seminggu. Minggu pertama dihabiskan dengan wisata kuliner, waktu itu gue lagi kepengen banget makan ayam doyong gara-gara nonton jwestbros di youtube, akhirnya kesampean namun kurang puas karena, warung ayam doyong yang dikunjungi gue berbeda sama yang jwestbros kunjungi, soalnya ayamnya beda gitu terus gue dan temen gue memutuskan untuk lanjut ke surken beli martabak dewa yang ada di jwestbros dalam episode sama. Setelah mencoba martabaknya ternyata worth it lah perjuangan ngantrinya sampai hampir sejaman kurang dan harganya yang cukup mahal sih menurut gue yaitu 45 ribu. Minggu kedua. kali ini gue dan teman-t

Proposal Rencana Bisnis (GameSpot: Gaming Cloud)





PROPOSAL RENCANA BISNIS
GAMESPOT LAYANAN GAME BERBASIS CLOUD GAMING








Disusun oleh :
Aristo Aldero (51416089 )
Fajar Satriatna (52416566)
Herdi Susanto (53416278)
Muhammad Ficki (54416852)
Trie Fauzan Febriansyah (57416443)




Daftar isi
1.      Perusahaan
1.1 Kepemilikan Perusahaan
1.2 Sejarah Perusahaan
1.3 Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
2.      Produk dan Jasa
2.1 Deskripsi Barang dan Jasa
a. Layanan Cloud Gaming
b. Penjualan Perangkat Pendukung Game
2.2 Karakteristik Perbandingan kompetitif Barang dan Jasa
2.3 Layanan Konsumen / Tindak Lanjut Layanan
3.      Analisis Pasar
3.1 Analisi Industri
3.2 Pasar Sasaran
3.3 Kunci Untuk Sukses
4.      Strategi Bisnis dan Implementasi
4.1 Periklanan
4.2 Strategi Pemasaran
4.3 Rencana Penjualan
4.4 Aliansi Strategi
5.      Manajemen
5.1 Manajemen Server
5.2 Menajemen Penjualan Perangkat Game
6.      Organisasi
6.1 Struktur Organisasi
6.2 Tim Manajemen
7.      Analisis Keuangan
7.1 Kapitalisasi dan Biaya Start-up
7.2 Laporan Keuangan
7.3 Estimasi Biaya
7.4 Rencana Keuangan dan Proyeksi Aliran Kas








1.     Perusahaan
Perusahaan yang akan diajukan dalam proposal rencana bisnis ini bernama GameSpot yang dimana menawarkan layanan yang berfokus dibidang cloud gaming. Perusahaan ini menawarkan jasa penyediaan permainan game berlisensi berbasis desktop yang dapat dinikmati secara langsung tanpa proses instalasi. Penjelasan lengkap dari perusahaan tersebut terletak pada bagian deskripsi produk dan jasa. Saluran distribusi utama layanan kami dapat diakses melalui website maupun aplikasi desktop yang dapat diunduh oleh pengguna secara gratis. Target pasar dari perusahaan ini adalah pengguna umum.
1.1  KEPEMILIKAN PERUSAHAAN
Perusahaan ini berdiri di atas perusahaan berjenis Perseroan Terbatas (PT) bernama PT. Karya Anak Bangsa yang dimana seluruh kepemilikan perusahaan ini terbagi oleh beberapa pemegang saham utama yang terlibat dalam pembangunan anggaran perusahaan tersebut. Perusahaan yang sedang dirintis ini sudah memiliki anggaran dasar perusahaan dan dalam waktu dekat ini akan melakukan pengurusan administrasi yang terkait dengan legalnya perusahaan tersebut.
1.2  SEJARAH PERUSAHAAN
Perusahaan cloud gaming tersebut didirikan pada tahun 2015 yang bersamaan dengan melesatnya teknologi cloud dan merebaknya penjualan game secara online. Namun, kebutuhan spesifikasi dan perangkat yang dimiliki oleh pengguna menjadi halangan bagi mereka yang ingin bermain game namun dengan resource yang terbatas. Atas dasar tersebut dalam memenuhi kebutuhan pasar dan berambisi untuk menjadi yang pertama dalam mendirikan layanan tersebut, perusahaan yang didirikan oleh kelima orang yang terdiri dari Aristo Aldero, Fajar Satriatna, Herdi Susanto, Muhammad Ficki, dan Trie Fauzan Febriansyah saling bekerja sama dalam menjalankan masing-masing tugas dan menggerakkan roda perusahaan. Kami berlima yang sebelumnya merupakan seorang engineer  di perusahaan game ternama yaitu Steam memiliki kesadaran bahwa di Indonesia belum ada layanan cloud game padahal pengguna game secara aktif di negara tersebut terbilang tinggi. Adapun tujuan dari perusahaan tersebut adalah kami ingin berkomitmen dalam membangun sebuah layanan gaming on demand yang dapat dinikmati masyarakat tanpa harus membeli game tersebut dan perangkat tambahan pribadi sehingga dapat menekan biaya pribadi pelanggan namun dapat menggunakan layanan tersebut dengan kualitas yang terbaik. Tidak hanya bergerak dibidang cloud gaming, perusahaan kami juga menyediakan layanan penjualan perangkat game yang dapat digunakan dalam meningkatkan pengalaman pengguna dalam bermaing game. Kantor kami dididirikan pertama kami di sebuah ruko di daerah Jakarta Pusat.
1.3  LOKASI DAN FASILITAS PERUSAHAAN
Lokasi perusahaan kami berada di kawasan Ciputra Tower Blok D1 2nd Floor. Jl. Radio Dalam, Jakarta Selatan. No.Telepon : [021]6316047, email : hello@gamespot.co.id, website : www.gamespot.co.id. Perusahaan ini berdiri di kawasan strategis dimana memiliki akses yang mudah dijangkau karna berdiri di pusat area bisnis Jakarta. Harga sewa kantor kami terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan kawasan sekitar. Kantor kami memiliki akses yang aman yang tidak dapat dijangkau oleh orang yang tidak bersangkutan sehingga kantor kami aman dan nyaman untuk pekerja kami.
Fasilitas :
Sebagai perusahaan yang terbilang baru ini, kami berusaha dalam menjadi perusahaan yang pertama dalam bidang ini dan tumbuh secara eksponensial baik kinerja perusahaan maupun keuntungan perusahaan. Kami berusaha untuk dapat berdiri meskipun tantangan dari perusahaan sejenis kedepannya berdampak pada dominasi pengguna kami. Hal yang dapat kami lakukan adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan menunjang kinerja serta potensi pekerja. Fasilitas yang dapat kami sediakan untuk kantor ini adalah ruang kerja dan ruang rapat yang dapat menampung puluhan orang dan sebuah ruang seminar yang dapat digunakan oleh pekerja untuk mengadakan seminar internal dalam sesi sharing. Terdapat juga ruang bersantai dengan sejumlah perangkat-perangkat hibungan seperti karaoke, game lounge, dan billiard yang dapat digunakan oleh pekerja untuk mengisi waktu luang agar produktifitas pekerja dapat meningkat. Tidak hanya itu, terdapat pula ruang pantry dan mushola pada kantor tersebut.
2.      PRODUK DAN JASA
Produk merupakan sebuah komoditas penting yang dapat kami hadirkan kepada pengguna. Perusahaan kami bergerak dibidang jasa penyediaan layanan game berbasis cloud yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam meningkatkan pengalaman bermain. Adapun yang kami tawarkan tidak hanya layanan cloud gaming namun juga penjualan perangkat gaming untuk pengguna.
2.1  DESKRIPSI BARANG DAN JASA
a.      Layanan Cloud Gaming
Perusahaan kami secara aktif melayani sebuah layanan penyediaan game yang dapat digunakan oleh pengguna secara online tanpa harus menginstall bahkan membeli permainan tersebut. Pengguna akan tetap dapat menikmati permainan yang kami sediakan melalui server-server kami yang saling terintegrasi dan pengguna hanya perlu menjalankan perangkat lunak buatan kami maupun menjalankannya melaui browser secara mudah
b.      Penjualan Perangkat Pendukung Game
Perusahaan kami juga menyediakan penjualan perangkat pendukung untuk meningkatkan kualitas bermain seperti keyboard, mouse, headphone, monitor, kursi gaming, dan laptop gaming. Perangkat tersebut kami sediakan demi mendukung pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan kami.
2.2  KARAKTERISTIK PERBANDINGAN KOMPETITIF BARANG DAN JASA
Perusahaan kami terdiri dari orang-orang yang kompeten dibidangnya yang telah terseleksi secara objektif berdasarkan keahlian spesifik dari masing-masing pekerja kami. Pekerja yang kami miliki memiliki pengalaman minimal 3 tahun dalam infrastruktur cloud dan software engineering sehingga mereka dapat membangun layanan kami yang sudah berjalan baik selama ini. Selain itu, layanan kami terdiri dari berbagai pilihan paket-paket ekonomis berdasarkan kebutuhan pengguna sehingga masing-masing paket terjangkau. Permainan yang kami sediakan lebih dari ratusan yang merupakan lisensi resmi dari publisher permainan tersebut sehingga terhindar dari bahaya pencurian data. Bagi pengguna pertama yang memakai layanan kami akan mendapatkan layanan gratis untuk mengakses game premium selama 3 bulan pertama.
2.3  LAYANAN KONSUMEN / TINDAK LANJUT LAYANAN
Untuk meningkatkan kualitas produk kami, tentunya kami sangat menjaga layanan kami agar terhindar dari gangguan pengaksesan layanan baik kerusakan server maupun jaringan yang terkait. Perusahaan kami bekerja sama dengan beberapa data center lainnya secara khusus untuk menyediakan server back up apabila terjadi gangguan dalam server-server kami. Selain itu, perusahaan kami tentunya selalu berusaha untuk menyediakan game-game terbaru agar pengguna dapat secara kontinu menggunakan layanan kami.
3.     Analisis Pasar
Berikut ini adalah analisis pasar yang dilakukan oleh perusahan GameSpot:
3.1  ANALISIS INDUSTRI
Dengan semakin majunya teknologi terutama di bidang game dan internet. Game hampir dapat dimainkan pada semua perangkat. Portability merupakan suatu hal yang membuat sebuah game menjadi lebih menarik karena dapat dimainkan dimana saja. Seiring dengan perkembangan teknologi, game yang diproduksi tentunya akan lebih bagus dari segi grafik dan performa. Untuk mendapatkan pengalaman bermain yang baik tentunya memerlukan perangkat yang mahal. Hal ini tentunya menjadi masalah bagi sebagian besar orang yang kurang mampu atau tidak ingin merakit PC mahal dan membeli konsol. Hal tersebut dapat menjadi peluang bisnis bagi GameSpot dalam menyediakan layanan cloud gaming agar semua orang dapat memainkan game yang diinginkannya tanpa harus membeli peralatan atau perangkat yang harganya cenderung mahal.
3.2  PASAR SASARAN
Layanan ini tentunya diperuntukkan untuk pengguna yang tidak ingin ribet dalam memainkan sebuah game karena mereka hanya memerlukan koneksi internet yang bagus. Sampai sekarang sudah terdapat beberapa perusahaan yang menawarkan jasa yang serupa. Akan tetapi GameSpot tidak akan mundur karena kami yakin dengan kemampuan kami, GameSpot dapat bersaing dengan perusahaan lainnya dan dapat menjadi yang terbaik.
3.3  KUNCI UNTUK SUKSES
1)      Kualitas dijamin yang terbaik.
Karyawan GameSpot merupakan kumpulan orang yang memiliki latar belakang IT dan Cloud Computing serta mengerti tentang game sehingga kami jamin pelanggan mendapat pelayanan dan pengalaman bermain yang terbaik.
2)      Selalu update game library.
GameSpot tentunya akan selalu memperbarui perpustakaan game yang disediakan dan kami juga menerima saran dari pelanggan mengenai game yang belum ada pada layanan kami.
3)      Harga yang terjangkau.
Kami selalu memberikan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau agar pengguna dapat menikmati layanan yang kami berikan.

4.      STRATEGI BISNIS DAN IMPLEMENTASI
Strategi bisnis dan implementasi pada perusahaan GameSpot meliputi dibawah ini:
4.1  PERIKLANAN
Media yang digunakan untuk mempromosikan layanan penyedia game kami adalah melalui pemasangan iklan pada beberapa blog berita teknologi dan game, dan juga memasang iklan pada beberapa media sosial, serta kedepannya perusahaan ini berencana untuk menggaet para pegiat game untuk dijadikan ambassador kami.
4.2  STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran yang dilakukan:
a.       Keterangan Produk
Produk pertama yang akan diberikan adalah layanan penyedia game berlisensi, yang mana pelayanan menyediakan game berlisensi ini akan menampilkan banyak game yang dapat dimainkan tanpa perlu diinstall dengan harga berlangganan yang terjangkau. Teknisi yang menangani server kami merupakan teknisi yang berlisensi, sehingga pengguna layanan kami tidak merasa ragu untuk berlangganan dengan layanan kami.
Produk kedua yang akan diberikan adalah penyediaan perangkat gaming, yang mana pelayanan penyediaan perangkat gaming ini memastikan perangkat gaming yang kami tawarkan merupakan perangkat gaming yang terbaik dengan harga dan garansi terjamin.
b.      Keunggulan Produk dan Jasa
Layanan penyedia game berlangganan kami menjanjikan bantuan 24/7 untuk mengatasi kendala yang ditemukan oleh pengguna kami. Pembayaran pada layanan kami dapat dilakukan dimana saja seperti pada beberapa minimarket, pulsa, serta pembayaran digital yang bekerja sama dengan kami.
Layanan penyedia perangkat gaming kami menjanjikan kemudahan dalam klaim garansi perangkat gaming yang dibeli melalui kami.
c.       Harga Produk
Harga untuk berlangganan layanan penyedia game kami berbeda-beda bergantung  pada tiap game yang ditawarkan, namun kami juga menawarkan biaya berlangganan sebesar Rp. 169.000,00- per bulan untuk dapat berlangganan semua game yang ditawarkan pada layanan kami.
Harga perangkat gaming yang kami sediakan relative lebih murah karena kami akan melakukan kontrak penjualan sebagai distributor pertama dengan perusahaan pembuat perangkat gaming.
d.      Jalur Penjualan
Layanan penyedia game tanpa perlu install kami, menawarkan langganan melalui website resmi kami, kemudian pengguna dapat memilih langganan game yang diinginkan, kemudian melakukan pembayaran dan setelah itu akan dikirimkan software kami. Untuk penjualan perangkat gaming, selain dapat dilakukan dengan memasarkan melalui online terdapat juga toko fisik kami.
e.       Promosi
Promosi yang dilakukan melalui media social kami serta pemasangan iklan pada laman berita teknologi dan game. Untuk event hari-hari besar akan dilakukan potongan harga besar-besaran, serta mengadakan kompetisi e-sports.
f.       Garansi
Setiap penyewa layanan game maupun pembeli perangkat gaming melalui kami akan mendapatkan bukti pembayaran serta garansi yang dapat diklaim melalui kami. Garansi perangkat gaming mulai dari 3 minggu semenjak pembelian hingga 1 tahun semenjak pembelian, sedangkan untuk game garansi yang diberikan adalah garansi keaslian game.

4.3  RENCANA PENJUALAN
Produk yang kami tawarkan dapat dipesan melalui online maupun offline untuk perangkat gaming, sedangkan untuk game hanya dapat dilakukan secara online. Produk perangkat gaming yang kami sediakan juga akan diperjualkan melalui beberapa e-commerce.

4.4  ALIANSI STRATEGI
Pada aliansi strategi yang dilakukan perusahaan kami untuk menangani maraknya pembajakan game, serta meningkatkan pengalaman bermain para pegiat game. Kami membutuhkan kerja sama dengan vendor perangkat gaming serta developer game ternama. Dengan hal tersebut dapat dikatakan bahwa aliansi strategis ini akan meminimalisir kerugian developer game dan menguntungkan vendor perangkat gaming.
Terdapat beberapa tipe aliansi strategi yang digunakan oleh perusahaan kami untuk dapat meningkatkan posisi perusahaan, diantaranya join venture, yaitu perusahaan saling berbagi sumber daya dan keahlian yang dimiliki untuk dikombinasikan agar mampu meningkatkan kemampuan untuk bersaing yang baik. Selanjutnya equity strategic alliance, mengkombinasikan seluruh sumber daya dan keahlian atau ketrampilan agar mampu meningkatkan persaingan bisnis yang berkualitas. Nonequity strategic alliance, terdapat dua atau lebih perusahaan memiliki hubungan atas suatu perjanjian untuk menggunakan sebagian sumber daya dan keahlian atau ketrampilan yang khas tetapi tidak berbagi terkait modal untuk mengembangkan keunggulan dalam bersaing.

5.      MANAJEMEN
Manajemen perusahaan terbagi menjadi 2 yaitu manajemen bagian server dan juga manajemen penjualan perangkat game.
5.1  Manajemen Server
Perusahaan ini menggunakan server yang berjalan setiap hari, sehingga pengguna dapat memainkan gamenya setiap saat. Server yang digunakan lebih dari satu, ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukan pengguna dalam satu server yang akan menyebabkan pelambatan pada akses pengguna saat memainkan game. Jika ada server yang penuh maka akan secara otomatis dipindahkan ke server yang masih bisa diakses tanpa adanya pelambatan. Perusahaan menjamin server bekerja pada tingkat optimal dimana tidak kosong juga tidak juga terlalu penuh. Dengan adanya manajemen server yang baik. Maka pengguna akan merasakan pengalaman bermain game yang baik juga tanpa perlu adanya lag.
5.2  Manajemen penjualan perangkat game
Untuk penjualan perangkat game perusahaan membuka toko pada hari senin hingga sabtu dan tutup pada tanggal merah. Penjualan pada hari senin hingga jumat dibuka mulai pukul 10.00 WIB – 20.00 WIB. Customer dapat langsung datang ke alamat toko di Kawasan Ciputra Tower Blok D1 2nd Floor. Jl. Radio Dalam, Jakarta Selatan.
Selain penjualan offline, penjualan juga dapat dilakukan secara online dimana customer dapat membeli barang kapan saja. Untuk penjualan online akan di proses sesuai jam kerja operasional penjualan offline. Customer bisa langsung mengakses website www.gamespot.co.id untuk melakukan pembelian barang secara online.

6.     Organisasi
PT Karya Anak Bangsa merupakan perusahaan keluarga yang berbentuk perseroan terbatas, perusahaan cloud gaming ini terdiri dari karyawan yang berjumlah 30-35. Pendiri bertindak sebagai Direktur dan wakil-wakil direktur sesuai dengan divisinya. Selanjutnya, Direktur tersebut membawahi para manajer. Berdasarkan kebijakan yang telah dibuat, jajaran manajer dan tenaga kerja lainnya direkrut secara terbuka.
Perusahaan dibagi menjadi 4 divisi. Yaitu divisi operasional, divisi teknologi, divisi pemasaran, dan divisi keuangan & administrasi. Dimana masing-masing divisi dipimpin oleh seorang direktur.

6.1  Struktur Organisasi



6.2  Tim Manajemen

BOD (Board of Directors)
Sekelompok orang yang dipilih atau ditunjuk untuk mengawasi kegiatan suatu PT. Karya Anak Bangsa.
Tanggung jawab BOD meliputi:
       Memerintah organisasi dengan menetapkan kebijakan-kebijakan dan tujuan-tujuan luas dari perusahaan tersebut
       Memilih, mengangkat, mendukung, dan menilai kinerja dewan eksekutif
       Memastikan keberadaan dan kecukupan sumber keuangan
       Mengesahkan anggaran tahunan
       Bertanggung jawab atas kinerja perusahaan kepada para anggota pemegang saham
       Menentukan gaji dan kompensasi mereka sendiri

CEO (Chief Executive Officer) [Fajar Satriatna, lulusan Teknik Informatika – Universitas Gunadarma]
Pemimpin startup dan bertindak sebagai perwakilan PT. Karya Anak Bangsa.
Tanggung jawab CEO meliputi:
       Merancang dan mengomunikasikan visi perusahaan
       Memotivasi anggota tim
       Merekrut anggota tim
       Meramalkan tren pasar
       Menguraikan strategi bisnis perusahaan
       Membangun hubungan dengan investor
       Mengatur pembiayaan dan anggaran

COO (Chief Operating Officer) [Muhammad Ficki, lulusan Teknik Informatika – Universitas Gunadarma]
Bertanggung jawab atas operasional internal perusahaan, seperti operasional kantor, karyawan, hingga bisnis.
Tanggung jawab COO meliputi:
       Mengukur efektivitas dan efisiensi proses operasional baik secara internal maupun eksternal dan menemukan cara untuk meningkatkan proses
       Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pertumbuhan
       Bertindak sebagai penghubung antara perusahaan dan klien untuk jaminan kualitas

CTO (Chief Technical Officer) [Aristo Aldero, lulusan Teknik Informatika – Universitas Gunadarma]
Bertanggung jawab pada kualitas akhir, karena ia mengelola tim engineer selama prosesnya. CTO juga penting untuk bertindak sebagai ahli teknologi dan seorang pemimpin.
Tanggung jawab CTO meliputi:
       Memastikan bahwa teknologi yang digunakan (untuk produk dan servis) saat ini adalah yang paling tepat (secara teknis dan biaya).
       Merencanakan perubahaan teknologi sehingga ke depannya perusahaan tidak tertinggal gara-gara ketidakmapuan menguasai teknologi. Termasuk di dalamnya memastikan ketersediaan SDM.
       Bekerjasama dengan COO memastikan operasional perusahaan (dari kacamata teknologi).

CMO (Chief Marketing Officer) [Trie Fauzan Febriansyah, lulusan Teknik Informatika – Universitas Gunadarma]
Bertanggung jawab mengembangkan strategi pemasaran perusahaan. CMO meliputi kehumasan, riset pasar, dan pencitraan. CMO bertanggung jawab menciptakan “wajah” perusahaan di depan pihak luar.
Tanggung jawab CMO meliputi:
       Mengembangkan strategi pemasaran
       Melaksanakan riset pasar
       Pencitraan
       Menciptakan kampanye kehumasan

WP Penjualan (Wakil Presiden Penjualan) [Herdi Susanto, lulusan Teknik Informatika – Universitas Gunadarma]
Orang yang memiliki peran penting untuk menghasilkan keuntungan.
Tugas-tugas utama dari WP Penjualan adalah:
       Menghasilkan keuntungan
       Mengembangkan strategi pemasaran dengan CMO
       Memahami kebutuhan konsumen dan mengembangkan nilai tambah yang menarik

7.     Analisis Keuangan
7.1  Kapitalisasi dan biaya Start-Up.

7.2  Laporan Keuangan
Annual Growth Rate: 51.42%
Cost of Goods Sold: 51.42%
Average Sales Transaction : Rp. 640.000.000,00



a.       Ramalan Pendapatan Tahun 2019

b.      Ramalan Pendapatan Tahun 2020

c.       Ramalan Pendapatan Tahun 2021


7.3  Estimasi Biaya

7.4  Rencana Keuangan dan Proyeksi Aliran Kas
Rencana Keuangan
Berdasarkan estimasi biaya yang telah dipaparkan di atas, perusahaan kami lebih mengutamakan pengiklanan yakni 20% dari penjualan agar layanan kami ini lebih dikenal oleh masyarakat sehingga menarik minat pelanggan untuk menggunakan layanan kami.

Proyeksi Aliran Kas
Berdasarkan prediksi pendapatan perusahaan kami, setiap tahunnya pendapatan kotornya adalah Rp. 640.000.000,00. Biaya keperluannya diperkirakan 55% dari total penjualan yaitu sebesar Rp. 352.000.000,00. Jadi pendapatan bersih setiap tahunnya dapat diperkirakan senilai Rp. 288.000.000,00 per tahun atau Rp. 24.000.000,00 per bulan. Dapat diperkirakan modal akan kembali dalam kurun waktu kurang lebih 11 bulan.


Tugas ini dibuat untuk memenuhi mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika PTA 2019/2020
Berikut adalah link untuk download softcopynya: https://drive.google.com/file/d/1zU2fV8OHT-7EWbM-Acjl-SYhrR6HIOEx/view?usp=sharing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Get Lost in Sabang

Pengantar Komputasi Modern: Komputer Kuantum

Penerapan Komputer Kuantum di Berbagai Bidang